Pengembangan Aspek Kognitif dan Bahasa Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Permainan Puzzle

Authors

  • Nazwa Putri Rieuwpassa Universitas Pendidikan Indonesia
  • Aulia Tazkia Kariim Universitas Pendidikan Indonesia
  • Iklima Universitas Pendidikan Indonesia
  • Siti Nurmania Najwa Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.28918/asghar.v2i2.6086

Keywords:

Puzzle, Kemampuan Kognitif dan Bahasa, Anak Usia Dini

Abstract

Permainan dapat membantu anak untuk menghilangkan kejenuhan dalam belajar di kelas. Anak belajar melalui bermain dengan memanfaatkan media puzzle dapat melatih kemampuan berpikir dan dapat mengembangkan aspek bahasa anak. Anak usia dini (AUD) masih berada dalam tahap belajar mengenal lingkungan di sekitarnya, ada beberapa anak yang bahasa nya masih tergolong belum jelas saat berbicara. Maka dari itu tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan media permainan puzzle terhadap pengembangan aspek kognitif dan bahasa. Rancangan pada penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan informasi melalui observasi dan metode kualitatif. Penelitian ini diterapkan di KB/TKIT Az-Zahroh Kecamatan Serang dengan sampel sebanyak 4 orang  anak. Dapat disimpulkan bahwa permainan puzzle berpengaruh dalam meningkatkan aspek bahasa dan kognitif pada anak usia dini.

Published

2022-12-22

How to Cite

Rieuwpassa, N. P. ., Aulia Tazkia Kariim, Iklima, & Siti Nurmania Najwa. (2022). Pengembangan Aspek Kognitif dan Bahasa Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Permainan Puzzle. Asghar : Journal of Children Studies, 2(2), 159–168. https://doi.org/10.28918/asghar.v2i2.6086