Penerapan Standar Operasional Prosedur Dalam Menentukan Kurikulum bagi Anak Usia Dini

Authors

  • Tamara Rizka Safitri Universitas Pendidikan Indonesia
  • Aulia Tazkia Kariim Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.28918/asghar.v3i1.978

Keywords:

Anak usia dini, Kurikulum, TPQ

Abstract

Peraturan yang dibuat oleh lembaga pendidikan anak usia dini, dibuat untuk membantu guru dan siswa dalam membangun karakter pribadi masing-masing. Anak belajar untuk mematuhi peraturan, guru belajar untuk membantu pengembangan anak agar menjadi anak yang disiplin. Berbagai aspek dapat dikembangkan melalui kurikulum yang ada di sekolah mau pun dengan Standar Operasional Prosedur atau biasa yang disebut SOP yang sudah ditetapkan untuk dipatuhi. Maka dari itu tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penerapan standar operasional prosedur dalam menentukan kurikulum bagi anak usia dini. Rancangan pada penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan informasi melalui wawancara dan metode kualitatif. Penelitian ini diterapkan di TK Bona, Kecamatan Serang dengan sampel subjek wawancara adalah kepala sekolah dari TK Bona. Dapat disimpulkan bahwa standar operasional prosedur berpengaruh bagi pendidikan anak usia dini dalam menentukan kurikulum yang akan digunakan di sekolah.

Published

2023-06-19

How to Cite

Tamara Rizka Safitri, & Aulia Tazkia Kariim. (2023). Penerapan Standar Operasional Prosedur Dalam Menentukan Kurikulum bagi Anak Usia Dini. Asghar : Journal of Children Studies, 3(1), 70–77. https://doi.org/10.28918/asghar.v3i1.978

Issue

Section

Artikel

Most read articles by the same author(s)