Kepatuhan Hukum Agen Laku Pandai BSI Smart dalam Layanan terhadap Nasabah

Authors

  • Heny Rahmawati UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan

DOI:

https://doi.org/10.28918/elhisbah.v4i1.7582

Keywords:

Kepatuhan Hukum, Laku Pandai, BSI Smart

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepatuhan hukum agen laku pandai BSI Smart Agen FEBI UIN Surakarta dalam layanan terhadap nasabah dan akibat hukumnya jika terjadi ketidakpatuhan hukum. Jenis penelitian ini adalah penelitian dengan pendekatan kualitatif, konseptual, dan pendekatan undang-undang. Sumber data penelitian primer ini diperoleh dari hasil wawancara pada pelayanan dan nasabah BSI Smart Agen FEBI UIN Surakarta serta Customer Service BSI KC Pekalongan Pemuda. Sumber data sekunder diperoleh dari peraturan-peraturan yang mengatur laku pandai, buku teks, laporan penelitian, dan jurnal. Dari hasil analisis penulis menunjukkan bahwa BSI Smart Agen FEBI UIN Surakarta memiliki kepatuhan hukum yang minim. Hal tersebut terbukti dari beberapa produk dengan biaya administrasi yang tidak sesuai dengan tetapan oleh BSI. Akibat hukum dari ketidakpatuhan BSI Smart adalah aplikasi BSI Smart akan ditutup secara otomatis oleh sistem. Namun proses tersebut baru dilakukan oleh pihak BSI jika terdapat nasabah yang komplain atas pelayanan dari BSI Smart.

References

Azwar, Saifudin. (2003). Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Soekanto, Soerjono. (1982). Kesadaran Hukum dan Kepatuhan Hukum. Jakarta : Rajawali.

Jurnal

Aco, dkk. (2016). Analisis Tingkat Kepatuhan Hukum Berlalu Lintas Bagi Pengemudi Angkutan Umum antar Konta di Makasar. Jurnal Administrasi Publik, Vol. 6 No. 2.

Khan dan Pujiyono. (2016). Aspek Yuridis Keberadaan Agen dalam Model Branchless Banking di sistem perbankan Indonesia. E-Jurnal Fakultas hukum UNS, Vol. IV, No. 1, 13-20.

Peraturan

Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor 1/POJK.03/2022 tentang Layanan Keuangan Tanpa Kantor Dalam Rangka Keuangan Inklusif.

Surat Edaran Otoritas Jasa Keuangan No. 6/SEOJK.03/2015 tentang Layanan Keuangan Tanpa Kantor dalam rangka Kaungan Inklusif oleh Bank.

Skripsi

Zahara, Alfi. (2022). Sistem Fee Pada Penggunaan Jasa BSI Smart Agent Dalam Perspektif Akad Samsarah (Studi tentang Tingkat Fee dan Disparitasnya dengan Jasa Sejenis di Aceh Besar. Skripsi, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

Downloads

Published

2024-05-30

Issue

Section

Artikel