Eksplorasi Etnomatematika pada Bangunan Tua Bekas Karesidenan Pekalongan

Authors

  • Mona Fathia Silviana UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan
  • Khofifah Assaumi Trivianti UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan
  • Mada Satya Kusuma UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan
  • Ahmad Faridh Ricky Fahmy UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan

DOI:

https://doi.org/10.28918/circle.v4i2.6851

Keywords:

Ethnomathematics, Geometry, Old Building

Abstract

Bangunan Tua Bekas Karesidenan Pekalongan merupakan bangunan tua bersejarah yang berada di Kota Pekalongan. Struktur bersejarah ini menampilkan arsitektur yang menarik. Tujuan  dari penelitian ini untuk mengeksplorasi Bangunan Tua Bekas Karesidenan Pekalongan berkaitan dengan konsep dasar matematika. Terutama konsep geometri, sehingga dapat dijadikan sumber belajar dalam pembelajaran matematika. Selain itu, metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan etnografi, yaitu jenis penelitian yang mendeskripsikan dan memperoleh data secara utuh, menyeluruh, dan mendalam. Hasilnya adalah eksplorasi etnomatematika bangunan bersejarah Bangunan Tua Bekas Karesidenan, yang mewakili konsep-konsep matematika diantaranya bangun datar, bangun ruang dan konsep transformasi geometri.

References

Aisyah, F., Lestari, A. A. P., Supriyanto, M. A., & Nursyahidah, F. (2022). Exploration of sam poo kong building heritage as starting point in geometric transformation course. Jurnal Pendidikan Matematika, 16(1), 15-28.

Alamsyah. (2018). Identifikasi Bangunan Cagar Budaya Di Jawa Tengah (Studi Eks Rumah Dinas Residen). ANUVA : Jurnal kajian Budaya, Perpustakaan dan Informasi. 2 (4). https://ejournal2.undip.ac.id/index.php/anuva/article/view/3688

Arwanto (2017). Eksplorasi Etnomatematika Batik Trusmi Cirebon Untuk Mengungkap Nilai Filosofi dan Konsep Matematis. Jurnal Pendidikan MIPA, 7(1). https://journal.walisongo.ac.id/index.php/Phenomenon/article/view/1493/1106

Faturrahman, M., & Soro, S. (2021). Eksplorasi Etnomatematika pada Masjid Al-Alam Marunda Ditinjau dari Segi Geometri. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1955-1964. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i2.734

Hawa, S. (2021). Buku Ajar Geometri: Dan Pengukuran Berbasis Pendekatan Saintifik. Bening Media Publishing.

Istifada, F. ., Dewi, A. M., Firmansyah, M. R. ., & Pramesti, S. L. D. (2023). Kajian Etnomatematika dalam Seni Bangunan Masjid Jami Aulia Sapuro Pekalongan Dilihat dari Segi Geometri. SANTIKA : Seminar Nasional Tadris Matematika, 3, 69–84.

Izah, S. J., & Malasari, P. N. (2021). Studi Etnomatematika: Masjid Sunan Bonang dalam Pembelajaran Geometri. CIRCLE: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(01), 44-58. https://doi.org/10.28918/circle.v1i1.3597

Koentjaraningrat. (2009). Pengantar ilmu antropologi. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Lubis, A. N. M. T., & Yanti, D. (2018). Identifikasi etnomatematika batik besurek bengkulu sebagai media dan alat peraga penyampaian konsep kekongruenan dan kesebangunan. Wahana Didaktika: Jurnal Ilmu Kependidikan, 16(3), 267-275. https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v16i3.2103

Lusiana, D., Afriani, N. H., Ardy, H., & Widada, W. (2019). Eksplorasi etnomatematika pada masjid jamik kota Bengkulu. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 4(2), 164-176. https://doi.org/10.33369/jpmr.v4i2.9787

Matswa, L. A. ., Ayu Khizbaini, Latifah, N. ., & Alista, R. S. . (2023). Eksplorasi Etnomatematika pada Bangunan Pendopo Kajen Kabupaten Pekalongan. SANTIKA : Seminar Nasional Tadris Matematika, 3, 183–195.

Murtiawan, W. A., Kadir, R., & Gusti, N. A. W. (2020). Eksplorasi Konsep Etnomatematika Geometri pada Bangunan Pura. Jurnal Pembelajaran Berpikir Matematika, 5 (2). http://dx.doi.org/10.33772/jpbm.v5i2.15746

Nasryah, C. E., & Rahman, A. A. (2020). Ethnomathematics (Matematika dalam Perspektif Budaya). uwais inspirasi indonesia

Putri, N. F., & Zayyadi, M. (2023). Etnomatematika pada Rumah Bersejarah Peninggalan Belanda di Desa Ragung Kecamatan Pangarengan. JEMS: Jurnal Edukasi Matematika dan Sains, 11(2), 431-437.

Setyo, A. A., & Ba'diah, A. S. (2021). Transformasi geometri: teori, aplikasi & pemanfaatan teknologi (Vol. 1). Yudha English Gallery.

Izah, S. J., & Malasari, P. N. (2021). Studi Etnomatematika: Masjid Sunan Bonang dalam Pembelajaran Geometri. CIRCLE: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 43-57.

Soebagyo J., Haya A. F (2023). Eksplorasi Etnomatematika Terhadap Masjid jami Cikini Al- Ma'mur Sebagai Media Dalam Penyampaian Konsep Geometri. Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 235-257.

Suganda, V. A., Toybah, M., & Hawa, S. (2021). Buku Ajar Berbasis Hots: Pada Mata Kuliah Pembelajaran Matematika Di Kelas Rendah Sekolah Dasar. Bening Media Publishing.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Yudianto, E., Febriyanti, R. A., Sunardi, S., Sugiarti, T., & Mutrofin, M. (2021). Eksplorasi etnomatematika pada Masjid Jami'Al-Baitul Amien Jember. Ethnomathematics Journal, 2(1), 11-20. https://doi.org/10.21831/ej.v2i1.36329

Downloads

Published

2024-09-29

How to Cite

Silviana, M. F., Trivianti, K. A., Kusuma, M. S. ., & Fahmy, A. F. R. . (2024). Eksplorasi Etnomatematika pada Bangunan Tua Bekas Karesidenan Pekalongan . Circle: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 126–137. https://doi.org/10.28918/circle.v4i2.6851