Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis ditinjau dari Mathematics Anxiety Siswa SMP

Authors

  • Ervita Dian Pramesti Institut Agama Islam Negeri Kudus
  • Putri Nur Malasari Institut Agama Islam Negeri Kudus

DOI:

https://doi.org/10.28918/circle.v4i2.7241

Keywords:

Creative Thinking , Mathematics Anxiety, SPLDV

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir kreatif matematis ditinjau dari Mathematics Anxiety siswa SMP serta untuk mengetahui kesalahan siswa ketika menyelesaikan soal Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). Metode penelitian yang digunakan yakni penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 3 Dawe pada kelas VIII B. Teknik pengumpulan data yang digunakan antara lain yaitu observasi, angket, tes tertulis, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan kecemasan matematika tinggi termasuk siswa yang cukup kreatif, siswa dengan kecemasan sedang termasuk siswa yang kreatif, dan siswa dengan kecemasan rendah termasuk siswa yang sangat kreatif. Adapun kesalahan siswa pada kategori cukup kreatif yaitu pada soal dengan indikator kefasihan (fluency) serta pada soal dengan indikator kebaruan (novelty). Kesalahan siswa pada kategori kreatif yaitu pada soal dengan indikator kebaruan (novelty). Sedangkan, siswa dengan kemampuan berpikir kreatif matematis pada kategori sangat kreatif tidak mengalami kesalahan dalam menyelesaikan soal SPLDV.

References

Amalia, Y., Duskri, M., & Ahmad, A. (2015). Penerapan Model Eliciting Activities untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis dan Self Confidence Siswa SMA. Jurnal Dikdatik Matematika, 2(2).

Apriliani, L. R., & Suyitno, H. (2016). Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Berdasarkan Kecemasan Matematika Pada Pembelajaran Creative Problem Solving Berteknik Scamper. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 5(2), 131–140.

Aziz, M. A., Rochmad, R., & Wijayanti, K. (2015). Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Self-Efficacy Siswa Kelas X Smk Teuku Umar Semarang Dengan Model Pembelajaran Osborn. UJME: Unnes Journal of Mathematics Education, 4(3), 230–237. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujme/article/view/9050/5851

Azwar, S. (2012). Penyusunan Skala Psikologi. Pustaka Pelajar.

Chewning, S. (2002). Overcoming Math Anxiet. Germanna Community College.

Dewi, S., Mariam, S., & Kelana, J. B. (2019). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif IPA Siswa Sekolah Dasar Menggunakan Model Contextual Teaching and Learning. Journal of Elementary Education, 2(6), 235–239.

Dwidayati, N. K., & Solehuzain. (2017). Kemampuan Berpikir Kreatif dan Rasa Ingin Tahu pada Model Problem-Based Learning dengan Masalah Open Ended. Unnes Journal of Mathematics Education, 6(1), 103–111.

Effendi, K. N. S., & Farlina, E. (2017). Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMP kelas VII dalam Penyelesaian Masalah Statistika. Jurnal Analisa 3: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 130–137.

Freedman, E. (2012). Do You Have Math Anxiety? A Self Test. Retrieved August, 10(1), 1–11. https://www.ucmo.edu/offices/learning-commons/digital-learning-commons/math-anxiety-test.pdf

Handayani, U. F., Sa’dijah, C., & Susanto, H. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Soal Adopsi ‘PISA.’ Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah Di Bidang Pendidikan Matematika, 4(2), 143.

Hendriana, H., Rohaeti, E. E., & Sumaro, U. (2017). Hard Skill and Soft Skill Matematik Siswa. Refika Aditama.

Hermawan, A., & Kharisma, G. (2020). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Aritmatika Sosial. Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 67. https://doi.org/10.36709/jpm.v11i1.10022

Machromah, L., & dkk. (2016). Analisis Proses dan Tingkat Berpikir Kreatif Siswa SMP dalam Pemecahan Masalah Bentuk Soal Cerita Materi Lingkaran Ditinjau dari Kecemasan Matematika. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 3(6), 613–624.

Mulyaningsih, T., & Ratu, N. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMP dalam Memecahkan Masalah Matematika pada Materi Pola Barisan Bilangan. Jurnal Pendidikan Berkarakter, 1(1).

Munandar, U. (1999). Kreativitas dan Keberbakatan: Strategi Mewujudkan Potensi Kreatif dan Bakat. PT Gramedia Pustaka Utama.

Muthaharah, Y. A. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif matematis Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Bangun Ruang Sisi Datar. E-Jurnal Mitra Pendidikan, 2(1).

Prihatiningsih, M., Ratu, N., Kristen, U., & Wacana, S. (2020). Anaisis Tingkat Berpikir Kreatif Siswa Ditinjau dari Gaya Kognitif Field Dependent dan Field Independent. Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 353–364.

Rahman, R. (2012). Hubungan antara Self-Concept terhadap Matematika dengan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematik Siswa. Jurnal Ilmiah Program Studi STKIP Siliwangi Bandung, 1(1), 19–30.

Rasnawati, A., Rahmawati, W., Akbar, P., & Putra, H. D. (2019). Analisis Kemampuan Berfikir Kreatif Matematis Siswa SMK Pada Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV) Di Kota Cimahi. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 164–177. https://doi.org/10.31004/cendekia.v3i1.87

Say, R. (2020). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Dalam Menyelesaikan Masalah Pada Materi Peluang Siswa Kelas IX SMP Negeri Satap 02 Kawa. Corporate Governance (Bingley), 10(1), 54–75.

Udzma, M. (2023). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Open-Ended Ditinjau Dari Kecemasan Matematika Siswa Kelas VIII MTs Negeri 1 Tegal. 31–41. https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/21251/1/Skripsi_1808056070_Maulia Udzma_Lengkap.pdf

Wahyuningrum, E., Pratiwi, D., & Adji, S. S. (2019). Profil Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Sekolah Menengah Pertama Ditinjau Dari Tingkat Kecemasan Matematika Dan Jender. Jurnal Pendidikan, 20(1), 69. https://doi.org/10.33830/jp.v20i1.862.2019

Zakiyah, M., & Malasari, P. N. (2021). Etnomatematika: Identifikasi Batik Bakaran Berdasarkan Konsep Geometri Transformasi. J-PiMat: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 287-294.

Downloads

Published

2024-09-29

How to Cite

Pramesti, E. D., & Malasari, P. N. (2024). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis ditinjau dari Mathematics Anxiety Siswa SMP. Circle: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 111–125. https://doi.org/10.28918/circle.v4i2.7241