Pengaruh Media Pembelajaran APE Lapengka terhadap Kemampuan Mengenal Angka pada Kelompok A TK Cepoko Legokcule Kecamatan Bojong Kabupaten Pekalongan

Authors

  • Sabrina Aulia Zahra Universitas Islam Negeri K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan
  • Triana Indrawati Universitas Islam Negeri K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan

DOI:

https://doi.org/10.28918/asghar.v4i1.7474

Keywords:

Media APE Lapengka, Kemampuan Mengenal Angka

Abstract

Anak usia dini disebut sebagai usia emas   karena   pertumbuhan dan perkelmbangan moral, agama, sosial, emosional, kognitif,  dan bahasa yang pesat pada usia dini. Mengenal     angka merupakan salah satu  aspek perkembangan kognitif. Pengenalan konsep angka dan simbol angka sangat penting untuk dikuasai oleh anak, karena ini akan menjadi dasar guna menguasai konsep matematika pada pada jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Pemainan APE LAPENGKA membantu anak belajar mengenal dan anak berperan aktif dalam permainan ini.

               Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Apakah ada pengaruh APE Layar LAPENGKA terhadap kemampuan mengenal angka pada anak kelompok A di TK Cepoko Lego kcule? (2) Bagaimana pengaruh APE Layar Lapengka  terhadap kemampuan mengenal angka pada anak kelompok A di TK Cepoko Legokcule?

              Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian eksperimen (one group pretest-posttest design) dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 22 responden. Uji hipotesis dengan uji paired sample t-test dengan bantuan SPSS 22.

              Dari hasil pretest dan posttest penelitian yang dilakukan yaitu melalui media pembelajaran APE Layar Lapengka dapat mempengaruhi kemampuan mengenal angka kelompok A TK Cepoko Legokcule. Hasil ini sesuai uji paired sample t- test yaitu diperoleh nilai 0,000 < 0,05. Maka Ha diterima, artinya ada pengaruh signifikan media pembelajaran APE Lapengka terhadap kemampuan mengenal angka.

Downloads

Published

2024-06-05

How to Cite

Sabrina Aulia Zahra, & Triana Indrawati. (2024). Pengaruh Media Pembelajaran APE Lapengka terhadap Kemampuan Mengenal Angka pada Kelompok A TK Cepoko Legokcule Kecamatan Bojong Kabupaten Pekalongan. Asghar : Journal of Children Studies, 4(1), 69–76. https://doi.org/10.28918/asghar.v4i1.7474

Issue

Section

Artikel