Pengaruh Media Pembelajaran APE Lapengka terhadap Kemampuan Mengenal Angka pada Kelompok A TK Cepoko Legokcule Kecamatan Bojong Kabupaten Pekalongan
DOI:
https://doi.org/10.28918/asghar.v4i1.7474Keywords:
Media APE Lapengka, Kemampuan Mengenal AngkaAbstract
Anak usia dini disebut sebagai usia emas karena pertumbuhan dan perkelmbangan moral, agama, sosial, emosional, kognitif, dan bahasa yang pesat pada usia dini. Mengenal angka merupakan salah satu aspek perkembangan kognitif. Pengenalan konsep angka dan simbol angka sangat penting untuk dikuasai oleh anak, karena ini akan menjadi dasar guna menguasai konsep matematika pada pada jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Pemainan APE LAPENGKA membantu anak belajar mengenal dan anak berperan aktif dalam permainan ini.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Apakah ada pengaruh APE Layar LAPENGKA terhadap kemampuan mengenal angka pada anak kelompok A di TK Cepoko Lego kcule? (2) Bagaimana pengaruh APE Layar Lapengka terhadap kemampuan mengenal angka pada anak kelompok A di TK Cepoko Legokcule?
Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian eksperimen (one group pretest-posttest design) dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 22 responden. Uji hipotesis dengan uji paired sample t-test dengan bantuan SPSS 22.
Dari hasil pretest dan posttest penelitian yang dilakukan yaitu melalui media pembelajaran APE Layar Lapengka dapat mempengaruhi kemampuan mengenal angka kelompok A TK Cepoko Legokcule. Hasil ini sesuai uji paired sample t- test yaitu diperoleh nilai 0,000 < 0,05. Maka Ha diterima, artinya ada pengaruh signifikan media pembelajaran APE Lapengka terhadap kemampuan mengenal angka.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Sabrina Aulia Zahra, Triana Indrawati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.