Studi Komparasi Penerapan Program Merdeka Belajar di TK Pertiwi Beji dan TK Mutiara Bangsa Pemalang

Authors

  • Widya Azizah TK Pertiwi Beji Kecamatan Taman Kabupaten Pemalang

DOI:

https://doi.org/10.28918/asghar.v4i1.7473

Keywords:

Program, Kurikulum, Merdeka Belajar, Pendidikan Anak Usia Dini

Abstract

Seiring berjalannya waktu dibutuhkan kurikulum yang lebih membebaskan peseta didiknya untuk mengeksplorasi potensi dan kemampuan dirinya sendiri tanpa ada tekanan dari guru, sehingga dibentuklah program kurikulum merdeka belajar. Proses perwujudan program merdeka belajar ini haruslah diawali dari lembaga pendidikan awal atau yang dalam hal ini berarti harus dimulai dari lembaga pendidikan anak usia dini, di mana dengan adanya program ini nantinya perkembangan peserta didik akan dapat lebih dioptimalkan sesuai dengan bakat, minat, karakteristik dan potensi diri anak masing-masing serta penanaman karakter pada setiap individu juga akan lebih mudah. Dalam penelitian kali ini bertujuan untuk (1) mengidentifikasi penerapan program merdeka belajar di TK Pertiwi Beji. (2) mengidentifikasi penerapan program merdeka belajar di TK Mutiara Bangsa Beji. Serta (3) menganalisis perbedaan penerapan program tersebut di antara kedua lembaga. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan program merdeka belajar di TK Pertiwi Beji dan TK Mutiara Bangsa Beji terdapat beberapa perbedaan yaitu berkaitan dengan perubahan jam belajar, penggunaan kurikulum operasional sekolah, perbedaan yang ketiga terletak pada salah satu prinsip pembelajaran yang belum terpenuhi di kelompok B TK Mutiara Bangsa yaitu proses pembelajaran yang belum didasarkan pada lingkungan yang relevan dengan peserta didik melainkan lebih berfokus pada topik umum saja, berbeda dengan pelaksanaan pembelajaran di TK Pertiwi Beji sudah terlaksana sesuai dengan prinsip pembelajaran berdasar karakteristik penerapan program merdeka belajar PAUD.

Downloads

Published

2024-06-05

How to Cite

Widya Azizah. (2024). Studi Komparasi Penerapan Program Merdeka Belajar di TK Pertiwi Beji dan TK Mutiara Bangsa Pemalang. Asghar : Journal of Children Studies, 4(1), 10–22. https://doi.org/10.28918/asghar.v4i1.7473

Issue

Section

Artikel