Meningkatkan Kemampuan Membilang 1-10 melalui Metode Bermain Kartu Angka pada RA Haqqul Yaqin Kecamatan Kota Kisaran Timur
DOI:
https://doi.org/10.28918/asghar.v4i1.7467Keywords:
Kemampuan Membilang, Kartu Angka, Anak RAAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membilang angka 1–10 melalui metode bermain kartu angka pada anak kelompok B di RA Haqqul Yaqin Kec.Kota Kisaran Timur. Kemampuan membilang dalam penelitian ini adalah kemampuan anak dalam menyebutkan angka, mengurutkan angka dan menghubungkan angka. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research). Subjek penelitian ini adalah siswa kelompok B yang berjumlah 25 anak, yang terdiri dari 15 anak perempuan, dan 10 anak laki-laki. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan dokumentasi. Instrumen penelitian yakni panduan observasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif dengan presentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan membilang pada anak kelompok B di RA Haqqul Yaqin Kec.Kota Kisaran Timur dapat ditingkatkan melalui metode bermain dengan kartu angka. Hal ini dibuktikan dari hasil yang dicapai pada tindakan siklus 1, kemampuan membilang angka 1-5 rata-rata mencapai 5 anak (20,00%), kemampuan membilang angka 1-7 rata-rata mencapai 12 anak (48,00%), dan kemampuan membilang angka 1-10 rata-rata mencapai 8 anak (32,00%). Pada tindakan siklus 2, kemampuan membilang angka 1-7 (skor 2) rata-rata mencapai 4 anak (16,00%), dan kemampuan membilang angka 1-10 (skor 3) rata-rata mencapai 21 anak (84,00%).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ropiah Sitorus, Abdul Khobir, Santika Lya Diah Pramesti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.