Implementasi Media Tutup Botol Bekas untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan pada Anak Usia Dini

Authors

  • Nurul Hikmah RA Masyitoh Kalisalak
  • Ningsih Fadhilah Universitas Islam Negeri K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan
  • M. Sugeng Sholehuddin Universitas Islam Negeri K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan

DOI:

https://doi.org/10.28918/asghar.v4i1.7466

Keywords:

Media, Konsep Bilangan, Anak Usia Dini

Abstract

Kemampuan kognitif berkaitan dengan kemampuan berpikir anak untuk mengolah, menemukan, dan memecahkan masalah dalam kemampuan logika matematika. Dalam hal tersebut, anak perlu penguasaan dari sejak dini untuk memberikan kesiapan pada tahap perkembangan berikutnya. Salah satu faktor yang menyebabkan perkembangan kognitif mengenal konsep bilangan belum mencapai tingkat perkembangan adalah kurang bervariasinya media yang digunakan oleh guru. Tujuan penelitian ini yaitu untuk meningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan pada anak Kelompok B di RA        Masyithoh Kalisalak Limpung. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian adalah anak kelompok B di RA  Masyithoh Kalisalak Limpung  yang berjumlah 12 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan rumus rata-rata nilai, presentase ketuntasan belajar dan data observasi. Hasil dari penelitian ini membuktikan bahwa pembelajaran menggunakan metode tutup botol bekas  dapat meningkatkan hasil belajar maningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan. Hal tersebut terlihat dari peningkatan rata-rata siswa dan perubahan keaktifan dalam mengikuti pembelajaran yang juga mengalami peningkatan. Di siklus pertama terjadi peningkatan 25% dalam kegiatan menggunting dan melipat kertas dilanjutkan di siklus kedua yang mendapatkan hasil signifikan meningkat 60%. Siklus ketiga dilakukan untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal sehingga mendapatkan peningkatan 80%.

Downloads

Published

2024-06-05

How to Cite

Nurul Hikmah, Ningsih Fadhilah, & M. Sugeng Sholehuddin. (2024). Implementasi Media Tutup Botol Bekas untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan pada Anak Usia Dini. Asghar : Journal of Children Studies, 4(1), 41–49. https://doi.org/10.28918/asghar.v4i1.7466

Issue

Section

Artikel