Efektivitas Penggunaan Media Pop Up Book Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Pada Anak Usia 4-5 Tahun

Authors

  • Nur Afni Serliana TK Rowolaku Kajen

DOI:

https://doi.org/10.28918/asghar.v4i1.7465

Keywords:

Efektivitas, Pop Up Book, Kemampuan Membaca Permulaan

Abstract

Abstrak

Kemampuan membaca permulaan merupakan salah satu kemampuan yang menjadi dasar untuk tahap kemampuan membaca lanjut, karena itu kemampuan ini memerlukan perhatian dari pendidik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan media pop up book terhadap kemampuan membaca permulaan pada anak usia 4-5 tahun di RAM NU Karangsari Karanganyar. Jenis penelitian ini yaitu eksperimental semu dengan desain one group pre-test post-test design. Sampel dalam penelitian ini adalah 30 anak yang berada pada ketegori usia 4-5 tahun. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji homogenitas, uji paired sampel t-test, dan uji N-gain dengan bantuan program SPSS versi 25.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemapuan membaca permulaan dengan skor total pre-test 395 dan rata-rata 13,16 yang masuk dalam kategori cukup. Pada kemampuan membaca permulaan post-test dengan skor total 606 dan rata-rata 20,2 yang masuk dalam kategori baik. Berdasarkan uji paired sampel t-test diketahui sig. (2-tailed) sebesar 0.000 < 0.05 dan uji N-gain sebesar 0.4887. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan membaca permulaan antara sebelum dan sesudah penggunaan media pop up book pada anak usia 4-5 tahun di RAM NU Karangsari Karanganyar.

Downloads

Published

2024-06-05

How to Cite

Nur Afni Serliana. (2024). Efektivitas Penggunaan Media Pop Up Book Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Pada Anak Usia 4-5 Tahun. Asghar : Journal of Children Studies, 4(1), 1–9. https://doi.org/10.28918/asghar.v4i1.7465

Issue

Section

Artikel