Efektivitas Quiet Book untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa Anak Usia Dini
DOI:
https://doi.org/10.28918/asghar.v4i1.7461Keywords:
Anak usia dini, Perkembangan Bahasa, Quiet BookAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perbedaan perkembangan bahasa sebelum dan sesudah menggunakan media quiet book dan seberapa efektif media quiet book dalam meningkatkan perkembangan bahasa. Sehingga, penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain pre experimental design one group pretest posttest. Penelitian ini mendapatkan hasil bahwa nilai pretest sebesar 1145 dengan rata-rata pretest sebesar 36,23 dan nilai posttest sebesar 1715 dengan rata-rata nilai posttest sebesar 54. Uji T digunakan untuk mengetahui peningkatan perkembangan bahasa anak usia dini didapatkan hasil bahwa thitung > ttabel atau 31,580 > 1,697 yang berarti bahwa penggunaan media quiet book dapat meningkatkan perkembangan bahasa, kemudian uji N-gain pada penelitian ini mendapatkan skor 0,5569 yang berarti memiliki kategori cukup untuk meningkatkan perkembangan bahasa anak usia dini, namun dengan bantuan media lain seperti buku cerita, boneka jari, dan lain-lain.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Firdausia Kholida Maruzi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.