Peningkatan Konsep Pengukuran pada Anak Usia 4-5 Tahun Menggunakan Media Donat Susun

Authors

  • Siti Salwa Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta
  • Aisyah Amalia Khoirul Amini, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta
  • Alfina Fatwa Khasanah Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta
  • Lathipah Hasanah Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.28918/asghar.v2i2.6731

Keywords:

anak usia dini, pengukuran, besar dan kecil, donat susun, problem solving

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memvalidasi bahwa metode pengukuran pada anak usia dini sangat penting, namun banyak lembaga yang tidak mengajarkan metode ini. Kami mencoba untuk menggunakan media donat susun untuk membuktikan bahwa pengajaran pengukuran anak usia dini penting untuk mereka. Pokok pokok yang menjadi penelitianya adalah anak dengan problem solvingnya, dan juga akurat media donat susun sebagai media pengajaran pengukuran terkait besar kecil dari donat itu sendiri. Dan juga penyusunan donat tersebut dari yang terbesar hingga yang terkecil. Metode yang kami gunakan adalah metode tindak kelas dan hasil penelitianya menunjukan bahwa anak usia 4-6 tahun sudah mampu untuk mempelajari dan memahami besar kecil dari media donat susun, sedangkan untuk anak usia 1-3 tahun masih membutuhkan arahan dan bimbingan akan perintah dari media donat susun tersebut.

Published

2022-12-22

How to Cite

Salwa, S. ., Aisyah Amalia Khoirul Amini, Alfina Fatwa Khasanah, & Lathipah Hasanah. (2022). Peningkatan Konsep Pengukuran pada Anak Usia 4-5 Tahun Menggunakan Media Donat Susun. Asghar : Journal of Children Studies, 2(2), 169–180. https://doi.org/10.28918/asghar.v2i2.6731