Media Pembelajaran Bahasa Arab bagi Anak Usia Dini di Era Digital Pasca Covid-19

Authors

  • Akhmad Aufa Syukron Universitas Islam Negeri K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan
  • Taufiqul Rahman Syarif Universitas Islam Negeri K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan
  • Joko Susilo Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.28918/asghar.v2i2.6547

Keywords:

Media Pembelajaran Bahasa Arab, Anak Usia Dini, Era Digital, Pasca Covid-19

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan sistem pembelajaran bahasa Arab bagi anak usia dini dan mengetahui media pembelajaran bahasa Arab bagi anak usia dini di era digital pasca covid-19. Metode penelitian yang digunakan adalah dengan kualitatif deskriptif. Data yang digunakan berbasis library research, dengan menelaah dan menelusuri berbagai literatur kepustakaan. Hasil Penelitian menunjukan bahwa Pada pembelajaran bahasa Arab bagi anak usia dini, guru harus berperan aktif menjaga suasana hati anak agar mau belajar bahasa Arab. Pembelajaran bahasa Arab merupakan hal yang penting untuk diajarkan sebagai sarana mengenal Islam dan khazanah keilmuannya bagi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD), dan ditemukan beberapa platform digital yang dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran bahasa arab bagi anak usia dini seperti youtube, aplikasi/game, e-book dan situs online bahasa Arab bagi anak usia 4-10 tahun.

Published

2022-12-22

How to Cite

Syukron, A. A. ., Taufiqul Rahman Syarif, & Joko Susilo. (2022). Media Pembelajaran Bahasa Arab bagi Anak Usia Dini di Era Digital Pasca Covid-19. Asghar : Journal of Children Studies, 2(2), 140–152. https://doi.org/10.28918/asghar.v2i2.6547