Pembentukan Karakter Ramah Melalui Pembiasaan Senyum, Sapa, Salam, Sopan, Santun (5s) Pada Anak Usia Dini

Authors

  • Syifa Fauziah Nur Inayah Universitas Islam Negeri Prof. KH. Saifuddin Zuhri Purwokerto
  • Novan Ardy Wiyani Universitas Islam Negeri Prof. KH. Saifuddin Zuhri Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.28918/asghar.v2i1.5750

Keywords:

5S, pembiasaan, rutin, spontan, keteladanan, ramah.

Abstract

Penelitian ini ditujukan untuk mendeskripsikan pembentukan karakter ramah melalui pembiasaan senyum, sapa, salam, sopan, santun (5S) di RA Muslimat NU Diponegoro 54 Darmakradenan Ajibarang Banyumas. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif-naturalis. Ini karena penulis tidak melakukan rekayasa terhadap data atau fakta di objek penelitian. Subjek penelitian meliputi kepala sekolah, guru, anak dan wali murid. Data dikumpulkan menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembentukan karakter ramah melalui pembiasaan senyum, sapa, salam, sopan, santun (5S) di RA Muslimat NU Diponegoro 54 Darmakradenan dilakukan melalui tiga bentuk pembiasaan, yaitu pembiasaan rutin, pembiasaan spontan dan pembiasaan keteladanan. Dengan ketiga pembiasaan tersebut dihasilkan kepribadian anak yang ramah. Keramahan pada anak membuatnya menjadi sosok yang sadar diri, peduli pada sesama, disiplin, mandiri, memiliki kepekaan sosial, dan mampu mewujudkan lingkungan sekolah yang nyaman dan aman.

Published

2022-06-17

How to Cite

Nur Inayah, S. F. ., & Novan Ardy Wiyani. (2022). Pembentukan Karakter Ramah Melalui Pembiasaan Senyum, Sapa, Salam, Sopan, Santun (5s) Pada Anak Usia Dini. Asghar : Journal of Children Studies, 2(1), 12–25. https://doi.org/10.28918/asghar.v2i1.5750

Issue

Section

Artikel