Pembentukan Karakter Ramah Melalui Pembiasaan Senyum, Sapa, Salam, Sopan, Santun (5s) Pada Anak Usia Dini
DOI:
https://doi.org/10.28918/asghar.v2i1.5750Keywords:
5S, pembiasaan, rutin, spontan, keteladanan, ramah.Abstract
Penelitian ini ditujukan untuk mendeskripsikan pembentukan karakter ramah melalui pembiasaan senyum, sapa, salam, sopan, santun (5S) di RA Muslimat NU Diponegoro 54 Darmakradenan Ajibarang Banyumas. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif-naturalis. Ini karena penulis tidak melakukan rekayasa terhadap data atau fakta di objek penelitian. Subjek penelitian meliputi kepala sekolah, guru, anak dan wali murid. Data dikumpulkan menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembentukan karakter ramah melalui pembiasaan senyum, sapa, salam, sopan, santun (5S) di RA Muslimat NU Diponegoro 54 Darmakradenan dilakukan melalui tiga bentuk pembiasaan, yaitu pembiasaan rutin, pembiasaan spontan dan pembiasaan keteladanan. Dengan ketiga pembiasaan tersebut dihasilkan kepribadian anak yang ramah. Keramahan pada anak membuatnya menjadi sosok yang sadar diri, peduli pada sesama, disiplin, mandiri, memiliki kepekaan sosial, dan mampu mewujudkan lingkungan sekolah yang nyaman dan aman.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Syifa Fauziah Nur Inayah, Novan Ardy Wiyani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.