Peningkatkan Penguasaan Konsep Lambang Bilangan Melalui Metode Bermain Kartu Angka pada Anak Usia Dini
DOI:
https://doi.org/10.28918/asghar.v1i2.4739Keywords:
Konsep Lambang Bilangan, Kartu Angka.Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui upaya meningkatkan penguasaan lambang bilangan melalui metode bermain kartu angka, dan untuk mengetahui apakah dengan metode bermain kartu angka dapat meningkatkan penguasaan lambang bilangan pada siswa KB Bintang Kecil. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Teknik pengumpulan datanya menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode analisa data yaitu analisis kuantitatif deskriptif untuk melihat peningkatan perkembangan kognitif anak dalam mengenal dan menguasai lambang bilangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada saat pra siklus penguasaan konsep lambang bilangan anak masih rendah yaitu 57.48% yang masuk dalam kategori kurang. Pada siklus I ada peningkatan yaitu 65,69%. dengan kategori cukup, dan pada siklus II meningkat menjadi 81,62% dengan kategori baik. Masing-masing siklus menunjukkan peningkatan yang cukup baik dan sesuai dengan kriteria keberhasilan yang ditentukan yaitu 80%. Pada pra siklus sampai siklus I mengalami peningkatan 8,21% dan pada siklus I sampai siklus II mengalami peningkatan 15,93%. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa penggunaan permainan kartu angka dapat meningkatkan penguasaan konsep lambang bilangan pada anak di KB Bintang Kecil Desa Tegalsari Kecamatan Kandeman Batang Tahun Ajaran 2020/2021.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Vihesti Nur Anggraini, Mohammad Irsyad
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.