Peran Kepemimpinan Kepala Pendidikan Anak Usia Dini (Paud) TK Muslimat NU Masyitoh 08 Kramatsari Pekalongan

Authors

  • Annisa Nur IAIN Pekalongan
  • Sugeng Sholehuddin IAIN Pekalongan

DOI:

https://doi.org/10.28918/asghar.v1i1.4155

Abstract

Kepala PAUD sebagai central penggerak dalam suatu pendidikan yang mempunyai tugas memimpin dan
mengendalikan proses peningkatan kualitas pendidikan. Selain itu Kepala PAUD juga mempunyai beberapa
gaya kepemimpinan guna menjalankan tugas dan amanahnya dalam suatu lembaga pendidikan anak usia dini
serta membina dan mengarahkan seluruh aktivitas pendidikan. Kepemimpinan Kepala PAUD ini yang
mendasari seorang leader pada suatu organisasi lembaga pendidikan dapat berjalan dengan semestinya, guna
mencapai tujuan pada tingkat kualitas pendidikan. Tujuan dan kegunaan penelitian ini untuk mendeskripsikan
peran kepemimpinan Kepala Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), dan faktor pendukung dan penghambat
peran kepemimpinan Kepala Pendidikan Anak Usia Dini TK Masyitoh NU 08 Kramatsari-Pekalongan. Metode
penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian lapangan (Field Research). Teknik
pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara dan dokumen. Jenis analisis yang digunakan yaitu
model Miles dan Huberman antara lain: Reduksi data, model data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa Peran kepemimpinan Kepala PAUD yang ada di TK Muslimat NU Masyitoh 08
Kramatsari-Pekalongan mempunyai peran sebagai visioner, sebagai motivator, kepemimpinan dalam
pengendalian dan hubungan organisasional, dan kepemimpinan dalam menyampaikan informasi. Serta faktor
pendukungnya adalah kompetensi guru, anak didik, orang tua dan sarana prasarana. Sedangkan faktor
penghambatnya adalah faktor alam, faktor pendanaan dan faktor lingkungan.

Published

2021-06-21

How to Cite

Nur Amanah, A. ., & Sugeng Sholehuddin. (2021). Peran Kepemimpinan Kepala Pendidikan Anak Usia Dini (Paud) TK Muslimat NU Masyitoh 08 Kramatsari Pekalongan. Asghar : Journal of Children Studies, 1(1), 1–10. https://doi.org/10.28918/asghar.v1i1.4155

Issue

Section

Artikel