Penanaman Nilai Agama Pada Anak Usia Dini Dengan Metode Experiential Learning Di Desa Palahidu Barat

Authors

  • Mardia Universitas Muhammadiyah Buton
  • Siti Misra Susanti Universitas Muhammadiyah Buton
  • Asma Kurniati Universitas Muhammadiyah Buton

DOI:

https://doi.org/10.28918/asghar.v2i1.5757

Keywords:

Nilai Agama, Metode Experiential Learning, Anak Usia Dini

Abstract

Penanaman nilai agama pada anak usia dini merupakan suatu upaya untuk mengenalkan dan mengajarkan nilai ajaran agama karena dapat membentuk perilaku maupun mental spiritual dan keagaamaan anak dimasa depannya. Dalam penanaman nilai agama pada anak usia dini perlu adanya metode. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penanaman nilai agama pada anak usia dini melalui metode experiential learning di Desa Palahidu Barat Kecamatan Binongko. Penelitian ini merupakan penelitian Kualitatif yang melibatkan guru dan orang tua anak. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik yang digunakan dalam analisis data adalah reduksi data, display data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penanaman nilai agama pada anak usia dini dengan metode experiential learning di Desa Palahidu Barat Kecamatan Binongko yaitu: 1) Mengenalkan agama yang dianutnya, seperti menyanyikan lagu Allah Tuhanku dan Islam agamaku, rukun Islam dan rukun iman yang dominan dalam indikator pertama yaitu 2 orang anak yang berkembang sangat baik. 2) Membaca doa sebelum dan sesudah melakukan sesuatu, seperti membaca doa sebelum dan sesudah makan, doa masuk dan keluar rumah dan doa masuk, yang dominan dalam indikator kedua yaitu 2 orang anak yang berkembang sangat baik. 3) Meniru gerakan beribadah dengan urutan yang benar, yang dominan dalam indikator ketiga yaitu 5 orang (semua) anak berkembang dengan sangat baik.

Published

2022-06-17

How to Cite

Mardia, M., Siti Misra Susanti, & Asma Kurniati. (2022). Penanaman Nilai Agama Pada Anak Usia Dini Dengan Metode Experiential Learning Di Desa Palahidu Barat . Asghar : Journal of Children Studies, 2(1), 50–59. https://doi.org/10.28918/asghar.v2i1.5757

Issue

Section

Artikel

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.