Islamic Parenting: Actualization Of Tasamuh Values For Early Childhood In A Plural Society

Authors

  • Fadilah Utami Institut Agama Islam Negeri Palangkaraya
  • Hatmawati Institut Agama Islam Negeri Palangkaraya
  • Devi Oktavia Institu Agama Islam Negeri Palangkaraya
  • Nordiyanti Institu Agama Islam Negeri Palangkaraya
  • Aghnaita Institu Agama Islam Negeri Palangkaraya
  • Ali Iskandar Zulkarnain Institu Agama Islam Negeri Palangkaraya

DOI:

https://doi.org/10.28918/asghar.v2i1.5752

Keywords:

Islamic Parenting, Nilai Tasamuh, Anak Usia Dini, Masyarakat Plural

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pola asuh keluarga muslim yang hidup dalam masyarakat majemuk dalam menerapkan nilai-nilai tasamuh dalam kehidupan sehari-hari. Adanya keragaman agama dan budaya ini menjadi masalah bagi orang tua muslim dalam mengasuh dan mendidik anaknya. Khususnya bagi anak usia dini yang berada dalam masa pertumbuhan dan perkembangan, mereka membutuhkan perawatan yang tepat dalam memberikan pengetahuan tentang keragaman agama dan budaya setempat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pola asuh Islami dalam menanamkan nilai tasamuh (toleransi) pada anak usia dini pada keluarga yang hidup dalam masyarakat majemuk. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif. Lokasi penelitian terletak di Kalimantan Tengah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada beberapa hal dalam penerapan pola asuh Islami yang telah dilakukan oleh orang tua dalam mengenalkan perbedaan agama, suku, ras, dan budaya lokal kepada anak sejak dini. Misalnya: memberikan penjelasan dengan bahasa yang mudah dipahami anak, tidak melarang anak bermain dengan anak lain yang berbeda agama, dan anak diperbolehkan mengunjungi rumah temannya yang sedang merayakan hari besar keagamaan.

Published

2022-06-17

How to Cite

Utami, F. ., Hatmawati, Devi Oktavia, Nordiyanti, Aghnaita, & Ali Iskandar Zulkarnain. (2022). Islamic Parenting: Actualization Of Tasamuh Values For Early Childhood In A Plural Society. Asghar : Journal of Children Studies, 2(1), 38–49. https://doi.org/10.28918/asghar.v2i1.5752

Issue

Section

Artikel