Meningkatkan Kepuasan Nasabah dengan Kualitas Pelayanan, Citra Perusahaan dan Kepercayaan pada Bank Jateng Syariah Cabang Pekalongan

Authors

  • Tamamudin UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan
  • Desy Prastyani Universitas Esa Unggul

DOI:

https://doi.org/10.28918/velocity.v4i1.7555

Keywords:

Kualitas pelayanan, Citra Perusahaan, kepercayaan, kepuasan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengukur kepuasan nasabah dalam menabung. beberapa variabel digunakan diantaranya Kualitas pelayanan sebagai landasan utama untuk mengetahui tingkat kepuasan konsumen, citra perusahaan merupakan salah satu aset terpenting yang selayaknya harus terus menerus dibangun dan dipelihara, yang mempengaruhi kepuasan dalam bertransaksi adalah citra perusahaan itu sendiri dan kepercayaan. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian field research dengan metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah nasabah di Bank Jateng Syariah Pekalongan. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode kuesioner dengan sampel sebanyak 100 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan accidental sampling dengan rumus Slovin. Beberapa pengujian dilakukan dalam penelitian ini diantaranya uji validitas, uji      reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, dan uji hipotesis dengan bantuan SPSS 20.Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel kualitas pelayanan tidak berpengaruh terhadap kepuasan nasabah. Variabel citra perusahaan berpengaruh terhadap kepuasan nasabah. Variabel kepercayaan berpengaruh terhadap kepuasan nasabah.

 

Downloads

Published

2024-05-31

How to Cite

Tamamudin, & Prastyani, D. (2024). Meningkatkan Kepuasan Nasabah dengan Kualitas Pelayanan, Citra Perusahaan dan Kepercayaan pada Bank Jateng Syariah Cabang Pekalongan. Velocity: Journal of Sharia Finance and Banking, 4(1), 52–59. https://doi.org/10.28918/velocity.v4i1.7555