Pengaruh Persepsi Kemudahan, Persepsi Harga dan Ulasan Produk Terhadap Perilaku Konsumtif Pengguna Aplikasi dalam Marketplace

Authors

  • Anis Fitria UIN Walisongo Semarang
  • Anas Yoga Nugroho Mts Almaliki Cendekia Pekalongan

DOI:

https://doi.org/10.28918/velocity.v3i2.1127

Keywords:

Kenyamanan, Harga, Review Produk , Perilaku Konsumtif

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perilaku konsumtif pengguna e-commerce. Akses berbelanja di marketplace melalui aplikasi bisa membuat masyarakat semakin dimanjakan dengan banyaknya varian produk yang dipromosikan. Sebelum memutuskan untuk bertransaksi dan membeli suatu produk, individu yang menjadi konsumen akan melakukan proses keputusan pembelian melalui beberapa pertimbangan, seperti mencari informasi dengan mencari produk yang banyak diminati. direkomendasikan, serta mengakses informasi mengenai produk yang diinginkan melalui riset pada toko online di marketplace. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian studi kasus dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini menggunakan tipe populasi sasaran. Berdasarkan populasi penelitian ini adalah pengguna marketplaace di Pekalongan. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling. Jumlah sampel yang diambil dalam penelitian ini menggunakan rumus Lemeshow. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan variabel Persepsi Kenyamanan, Persepsi Harga dan Review Produk mempunyai pengaruh yang signifikan dan mempunyai kontribusi sebesar 24,3% dalam menjelaskan variabel perilaku konsumtif masyarakat Jawa Tengah khususnya Kota Pekalongan. Sedangkan sisanya sebesar 0,757 atau 75,7% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti.

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Fitria, A., & Nugroho, A. Y. (2023). Pengaruh Persepsi Kemudahan, Persepsi Harga dan Ulasan Produk Terhadap Perilaku Konsumtif Pengguna Aplikasi dalam Marketplace. Velocity: Journal of Sharia Finance and Banking, 3(2), 188–199. https://doi.org/10.28918/velocity.v3i2.1127