Implementasi Prinsip-prinsip Syariah dalam Berinvestasi di Pasar Modal Indonesia

Authors

  • Ayu Lestari Ayull a:1:{s:5:"en_US";s:37:"UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan";}
  • Fitri Kurniawati UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan

Keywords:

prinsip syariah, investasi, pasar modal

Abstract

Hubungan yang kuat antara kehidupan ekonomi syariah dan investasi di pasar modal syariah didasarkan pada prinsip-prinsip syariah. Dalam kerangka ini, investasi adalah usaha mencari keuntungan yang senantiasa dijalankan dengan penuh ketaatan kepada Allah SWT.  Investasi semacam ini harus selalu mematuhi prinsip-prinsip syariah yang diatur oleh Al-Qur'an,  hadis, ijma, dan qiyas. Produk investasi syariah, seperti saham syariah dan sukuk syariah, telah diperkenalkan, dan Otoritas Jasa Keuangan telah mengeluarkan peraturan yang relevan.
Perkembangan pasar modal syariah ini memberikan peluang bagi masyarakat, baik yang beragama Islam maupun non-Muslim, yang ingin berinvestasi sesuai dengan prinsip-prinsip syariah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kepustakaan, yang melibatkan pengumpulan informasi dari berbagai sumber seperti buku, jurnal, dan dokumen terkait. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pasar modal syariah di Indonesia telah tumbuh pesat. Pertumbuhan ini didorong oleh populasi Muslim yang besar dan upaya pemerintah dalam mempromosikan pertumbuhan ekonomi syariah. Produk investasi syariah yang tersedia mencakup saham syariah, sukuk syariah, reksadana syariah, ETF syariah, dan EBA syariah. Secara keseluruhan, pasar modal syariah di Indonesia memegang peran penting dalam perekonomian negara dan memberikan kesempatan untuk meningkatkan kekayaan masyarakat sesuai dengan prinsip-prinsip syariah. Selain itu, ini juga memberikan wawasan tentang perkembangan pasar modal syariah di Indonesia, produk investasi yang ada, perbandingan antara investasi syariah dan konvensional, serta tantangan dan peluang dalam menerapkan prinsip-prinsip syariah di sektor keuangan dan ekonomi.

Published

2023-12-08

How to Cite

Lestari, A., & Kurniawati , F. (2023). Implementasi Prinsip-prinsip Syariah dalam Berinvestasi di Pasar Modal Indonesia. Sahmiyya: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 2(2), 515–525. Retrieved from https://e-journal.uingusdur.ac.id/sahmiyya/article/view/1894

Issue

Section

Artikel