Analisis Perilaku Konsumsi Dalam Belanja Online

(Studi Kasus Di Kalangan Mahasiswa FEBI UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan)

Authors

  • Afifa Nur Hasanah UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan

Keywords:

Perilaku konsumsi, Belanja online, Mahasiswa

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan menganalisis perilaku konsumsi belanja online dari Mahasiswa UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalogan. Dalam penelitian ini, menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui penggunaan data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh melalui dua cara, yaitu melalui wawancara dengan mahasiswa FEBI UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan dan pengamatan yang dilakukan di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan. Data sekunder diperoleh dari penelitian-penelitian sebelumnya yang sesuai dengan perilaku konsumsi dalam belanja online. Hasil penelitian didapat perilaku konsumsi dalam belanja online dikalangan mahasiswa mengakibatkan perubahan konsumsi mahasiswa menjadi meningkat, hal tersebut tidak terlepas dari kemudahan dan keuntungan dari aplikasi belanja online. Mahasiswa FEBI UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan melakukan belanja online karena beberapa alasan, yakni dipengaruhi oleh iklan, kemudahan dalam berbelanja, dan juga pengaruh dari teman-teman mereka. Namun, dampak dari perilaku konsumsi ini terhadap gaya hidup mahasiswa memiliki efek yang signifikan. Dampak tersebut termasuk menimbulkan perasaan cemburu antara sesama mahasiswa, mengakibatkan pengeluaran keuangan yang lebih tinggi, mengurangi motivasi menabung untuk masa depan, serta membuat mahasiswa lebih fokus pada kebutuhan pribadi dan mengabaikan aspek sosial kehidupan orang lain. Selain itu, trend belanja online juga telah menciptakan gaya hidup yang cenderung membuat mahasiswa hanya memenuhi keinginan mereka tanpa mempertimbangkan apakah barang yang dibeli benar-benar dibutuhkan atau tidak. Mahasiswa juga melihat belanja online sebagai cara untuk meningkatkan penampilan dan kepercayaan diri, yang pada akhirnya membuat gaya hidup mereka menjadi lebih boros dan cenderung konsumtif.

Published

2023-12-08

How to Cite

Hasanah, A. N. (2023). Analisis Perilaku Konsumsi Dalam Belanja Online: (Studi Kasus Di Kalangan Mahasiswa FEBI UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan). Sahmiyya: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 2(2), 454–464. Retrieved from https://e-journal.uingusdur.ac.id/sahmiyya/article/view/1836

Issue

Section

Artikel