Munculnya Toko Online Mempengaruhi Gaya Hidup Konsumtif Pada Mahasiswa

Authors

  • Elysia Anindya Indriani UIN K.H. Abdurrahman Wahid

Keywords:

gaya hidup konsumtif, toko online, mahasiswa

Abstract

Penelitian ini bermaksud untuk menjelaskan munculnya toko online mempengaruhi gaya hidup konsumtif pada mahasiswa. Metode penelitian menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif analitis. Penelitian ini menyimpulkan bahwa toko online telah mengubah gaya hidup mahasiswa yang terlihat pada perilaku konsumtif. Aspek yang memotivasi mahasiswa melangsungkan pembelian di toko online ialah efisiensi waktu, akses terhadap dukungan pembelian produk dari toko online, serta pemenuhan kebutuhan termasuk kepuasan terhadap barang dan kepuasan. Banyaknya online shop tentunya membawa dampak atau pengaruh yang negatif dan juga yang positif. Untuk dampak positifnya yang timbul yaitu : memenuhi keperluan, memberi rasa puas untuk pembeli, membawa kenyamanan serta membuat mahasiswa makin trendi, modern serta bergaya ketika berbusana. Dan untuk pengaruh negatif yang ditimbulkan adalah beralihnya model belanja dari konservatif ke mutakhir melalui pembelian dengan cara daring atau online sehingga dapat menyebabkan ketagihan oleh pemakainya yang berakibat pada lifestyle konsumen, serta pengaruh terakhirnya adalah pemborosan dapat membuat pelajaran atau mahasiswa tersebut berbelanja barang yang tidak sebanding dengan keperluan. Bukan sebab sebanding dengan kebutuhannya tetapi karena sesuai dengan keinginannya.

 

Published

2023-12-08

How to Cite

Indriani, E. A. (2023). Munculnya Toko Online Mempengaruhi Gaya Hidup Konsumtif Pada Mahasiswa. Sahmiyya: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 2(2), 418–426. Retrieved from https://e-journal.uingusdur.ac.id/sahmiyya/article/view/1823

Issue

Section

Artikel