Implementasi Pelayanan Publik dalam Perizinan Online di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Pekalongan

Authors

  • nurakhfir akhfir UIN KH Abdurahman Wahid Pekalongan
  • Trianah Sofiani Institut Agama Islam Negeri Pekalongan

Keywords:

pelayanan publik, perizinan online, SAKPORE

Abstract

Pelayanan perizinan menggunakan sistem manual dikhawatirkan dapat membuat data yang tersimpan pada perangkat komputer menjadi lebih beresiko atau hilang, dan juga membuat masyarakat harus datang ke kantor untuk mengetahui persyaratan apa saja yang harus dibawa ketika akan mengajukan permohonan, menghabiskan biaya yang cukup besar, dan waktu penyelesaian yang kurang jelas. Sehingga Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Pekalongan pada bulan Desember 2017 meluncurkan sebuah sistem perizinan berbasis online yaitu Sistem Perizinan Online, Ringkas dan Ekonomis (SAKPORE) agar masyarakat Kota Pekalongan dapat mengurus perizinan usahanya secara online. Melihat permasalah tersebut tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemudahan pelayanan perizinan dengan menggunakan sistem SAKPORE. Metode analisis data yang penulis lakukan yaitu menggunakan teknik analisis data yang dikemukakan oleh Miles dan Huberman mencakup reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian penulis, kemudahan pemohan dalam menggurus perizinan secara online dengan menggunakan sistem SAKPORE di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Pekalongan dapat meringkas prosedur pelayanan, waktu penyelesaian pelayanan, dan biaya penyelesaian pelayanan.

Published

2021-12-31

How to Cite

Fadlika, N., & Sofiani, T. (2021). Implementasi Pelayanan Publik dalam Perizinan Online di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Pekalongan. Manabia: Journal of Constitutional Law, 1(01), 107-`122. Retrieved from https://e-journal.uingusdur.ac.id/al-manabia/article/view/192