Optimalisasi Fungsi Masjid sebagai Sarana Dakwah dan Pemberdayaan Ekonomi Umat

Authors

  • Bachtiar Effendi
  • Abdul Ghofar Saifudin

DOI:

https://doi.org/10.28918/jief.v2i2.5989

Keywords:

Optimalisasi, mesjid, sosial, pemberdayaan

Abstract

Masjid merupakan pusat ibadah bagi kaum muslim, adanya masjid selain berfungsi sebagai tempat ibadah juga menjadi salah satu sarana yang digunakan dalam kegiatan sosial maupun pemberdayaan. Objek dalam penelitian ini adalah Masjid Assalam yang terletak di Desa Rowosari Kecamatan Ulujami Kabupaten Pemalang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Analisis data dengan triangulasi, Data diperoleh melalui observasi dan wawancara dengan informan pengurus dan jamaah Masjid Assalam.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa, selain berfungsi sebagai tempat ibadah, Masjid Assalam berupaya mengoptimalkan fungsi lainnya sebagai pusat dakwah bagi jamaah remaja, pemuda maupun dewasa. Fungsi lain yang dijalankan di Masjid Assalam adalah fungsi sosial dalam pembagian sedekah beras kepada jamaah, pengumpulan dan penyaluran bantuan kepada korban bencana, serta pemberdayaan ekonomi kepada warung dan toko-toko yang dimiliki jamaah.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-11-20

How to Cite

Effendi, B., & Saifudin, A. G. (2022). Optimalisasi Fungsi Masjid sebagai Sarana Dakwah dan Pemberdayaan Ekonomi Umat. JIEF Journal of Islamic Economics and Finance, 2(2), 12–23. https://doi.org/10.28918/jief.v2i2.5989

Issue

Section

Author Index