PERILAKU PEDAGANG MUSLIM DI PASAR TRADISIONAL (Pendekatan Induktif dalam Pembentukan Teori Produksi Ekonomi Islam)

Authors

  • Marlina

DOI:

https://doi.org/10.28918/jief.v2i2.5981

Abstract

Artikel ini berupaya untuk mendeskripsikan dua hal, yaitu pertama bagaimana motif dan perilaku para pedagang muslim di pasar tradisional. Kedua bagaimana keterkaitan motif dan perilaku tersebut dengan teoretisasi ilmu Ekonomi Islam, khususnya pada teori produksi.

Penelitian ini adalah field research dengan pendekatan kualitatif-fenomenologi, menggunakan jenis deskriptif-verifikatif.  Data diperoleh langsung dari pedagang pasar tradisional yang berdagang di empat pasar, yaitu Pasar Anyar dan Banjarsari (daerah perkotaan) dan Pasar Warungasem dan Tersono (daerah pedesaan). Sampling menggunakan purpossive sampling, sedangkan validitas dan kredibilitas data menggunakan teknik triangulasi, emic, dan member checking. Analisis data dilakukan secara induktif menggunakan analisis domain. Riset ini menyuguhkan temuan bahwa, pertama, motif perilaku pedagang adalah untuk memenuhi kebutuhan materiil, namun demikian perilaku mereka saat berkativitas di pasar terlekat dengan nilai-nilai agama dan nilai-nilai sosial. Kedua, Motif dan perilaku pedagang muslim memperkuat upaya teoretisasi keilmuan Ekonomi Islam, karena perilaku mereka yang masuk dalam ranah induktif-empirik-profan mempunyai kesesuaian dengan sumber lain dalam proses teoretisasi, yaitu sumber dari ranah deduktif-abstrak-universal-transenden.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-11-25

How to Cite

Marlina. (2022). PERILAKU PEDAGANG MUSLIM DI PASAR TRADISIONAL (Pendekatan Induktif dalam Pembentukan Teori Produksi Ekonomi Islam). JIEF Journal of Islamic Economics and Finance, 2(2), 1–11. https://doi.org/10.28918/jief.v2i2.5981

Issue

Section

Author Index