Kontribusi Tafsir Kontemporer di Era Modern: Studi Atas Konsep Pemikiran dan Metodologi Tafsir

Authors

  • Ahmad Ridho Syakiri UIN K.H. Abdurrahman Wahid

DOI:

https://doi.org/10.28918/aqwal.v3i2.5784

Keywords:

Tafsir Kontemporer, Pemikiran, Metodologi Tafsir, Era Modern

Abstract

Paper ini bertujuan untuk membahas kontribusi tafsir di era modern yang ditelisik melalui konsep pemikiran tokoh dan metodologi tafsirnya. Dalam konteks ini, metode tafsir kontemporer dalam penafsiran Al Quran menjadikan problem kemanusiaan yang ada sebagai semangat penafsirannya. Metode penelitian yang digunakan dengan library research, penyajian data dengan deskriptif, menggunakan analisis historis-sosiologis dalam kajian ilmu Al-Qur'an. Hasil dari penelitian ini adalah 1) kontribusi tafsir di era modern banyak bercorak adabi ijtima’i sehingga sangat relevan dengan problem kemanusiaan yang dihadapi manusia di era saat ini; 2) konsep pemikiran tokoh kontemporer bercorak konstektual dengan mengungkap pemahaman makna dan nilai yang terkandung dalam AlQur’an untuk diaktualisasikan dalam mengatasi permasalahan kontemporer dan mengusung ideal moral ayat al-Qur’an seperti nilai keadilan, persamaan, persatuan, dan lainnya bukan hanya menafsirkan literal teks saja; 3) Metodologi tafsir kontemporer lebih menitikberatkan pada metode tafsir tematik, penekanan linguistik Arab dan gaya Bahasa, metode gerak ganda (double movement), dan tafsir kontekstual.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdul, Faisal. 2020. Dinamika Metode Tafsir Kontemporer, Jurnal Stiu Darul Hikmah, Vol 7, No 2.

Agung, Marzuki. 2013. Model Penafsiran Hassan Hanafi. Jurnal Penelitian, Vol.7, No.2.

Aljufri, Ali. 2014. Metodologi Tafsir Modern-Kontemporer, Rausyan Fikr, Vol. 10, No. 2.

Amin, Muhammad. 2013. Kontribusi Tafsir Kontemporer Dalam Menjawab Persoalan Ummat, Jurnal Substantia Vol. 15, No. 1.

Athmainnah, Shirhi. 2014. Hermeneutika Asghar Ali Engineer: Menyingkap Mega Skandal Tafsir Patrilineal. Jurnal As-Salam, Vol. V, No. 1.

Buonougo, Angkoso. 2021, Dinamika Penafsiran Bersiwak Dalam Tafsir Klasik Dan Kontemporer. Dozan, Wely. 2022. Reformulasi Tafsir Al-Qur’an Di Era Modern (Telaah Historis Dinamika, Dan Transformasi Metodologi Interpretasi).

Jurnal Al-Afkar, Vol. 5, No. 1. Fadal, Kurdi. 2014. Tafsir Alquran Transformatif: Perspektif Hermeneutika Kritis Hassan Hanafi, Jurnal Penelitian, Vol.11, No.2.

Ni’mah, Fina Jazalatun dan Shinta Nurani. 2022. “Child Marriage in Male-Feminist: Contextual Qur’anic Interpretation”. Muwazah: Jurnal Kajian Gender, Vol.14, No.1.

Nurani, Shinta. 2021. ”Hierarchy of Values in Qur’anic Hermeneutic of Abdullah Saeed (A Study of Contextual Interpretation in QS AlHujurat)”. Al Quds: Jurnal Studi Alquran dan Hadis, Vol. 5, No. 1.

Ramawati. 2020. Metodologi Dan Ideologi Tafsir Qalbun Salîm Karya Muhammad Yunan Yusuf, Jurnal Skripsi. Rasyid, Abdul. 2020. Reformulasi Tafsir: Studi Pemikiran Gender Asghar Ali Engineer. Jurnal Sophist, Vol. 2, No.2.

Ridwan, Mk. 2016. Metodologi Penafsiran Kontekstual; Analisis Gagasan Dan Prinsip Kunci Penafsiran Kontekstual Abdullah Saeed. Journal Of Islamic Studies And Humanities, Vol. 1, No. 1.

Sumisih, Susi. 2019. Konsep Bhinneka Tunggal Ika Dalam Perspektif Tafsir Al-Azhar Dan Kontribusinya Bagi Negara Kesatuan Republik Indonesia, Jurnal Tesis.

Downloads

Published

2022-12-26

How to Cite

Syakiri, A. R. (2022). Kontribusi Tafsir Kontemporer di Era Modern: Studi Atas Konsep Pemikiran dan Metodologi Tafsir. Aqwal: Journal of Qur’an and Hadis Studies, 3(2), 175–187. https://doi.org/10.28918/aqwal.v3i2.5784

Issue

Section

Artikel